MAKALAH

PERBANDINGAN PRODUK MOBIL HATCHBACK

OLEH

IMHA ADDIN SUBEKTI (F0311062)

ISRO’IYATUL MUBAROKAH (F0311063)

JATI NARENDRO P (F0311064)

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

TAHUN AJARAN 2011/2012

          Saat ini segmen mobil yang sedang diminati adalah segmen mobil hatchback. Menurut Gaikindo dan dikutip Bisnis Indonesia pada Kamis (30/12/2010), segmen hatchback adalah mobil dengan harga di atas Rp. 150 juta berkapasitas lima penumpang dengan kapasitas mesin lebih dari 1.200 cc. Mobil segmen hatchback sedang diminati konsumen karena menawarkan kepraktisan bergerak di tengah lalu lintas padat dan konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Mobil segmen hatchback di Indonesia dalam beberapa tahun ini sangat padat oleh berbagai merek pabrikan dunia. Sehingga kini di segmen hatchback terdapat beragam varian seperti Mazda 2, Honda Jazz, Chevrolet Aveo, Ford Fiesta, Toyota Yaris, Suzuki Swift, Nissan Livina, Hyundai Avega, dan Proton Gen 2.

1. MOBIL JAZZ – HONDA

  • Ø PROFIL PERUSAHAAN HONDA

 Honda Prospect Motor merupakan Agen tunggal supplier kendaraan Honda dan suku cadangya dengan kantor utama di Jl.Gaya Motor, Sunter 2 Jakarta dengan pemegang saham terbesar PT Prospect Motor 49% – Honda Motor co.Ltd 51%. Aset yang dimiliki saat ini yaitu 70 juta USD dengan jumlah pekerja hingga 3195 pada march 2011 dan kapasitas produksi 40.000 unit ( body plant) ,160.000 unit Engine Plant per tahunnya.

  • Ø PROFIL PRODUK

 Produsen Honda Motor Company
Juga disebut Honda Jazz
Masa dalam produksi 2001–sekarang
Perakitan Suzuka, Mie, Jepang
Sumaré, São Paulo, Brazil
Guangzhou, Procvinsi Guangdong, China
Ayutthaya, Thailand
Karawang, Indonesia
Swindon, Inggris
Greater Noida, Uttar Pradesh, India
Kelas Mobil subkompak
Platform Honda Global Small Car

Honda Jazz adalah mobil hatchback 5 pintu produksi pabrikan otomotif Jepang Honda Motor company. Mulai diperkenalkan pada tahun 2001 dan sekarang memasuki generasi keduanya. Nama Honda Jazz digunakan di Eropa, sebagian Asia, Australia, Oceania, Timur Tengah, dan Afrika. Di Jepang, China, dan Amerika, mobil ini dinamai Honda Fit. Sampai tahun 2007, telah terjual 2 juta unit Honda Jazz di seluruh dunia.

Honda Jazz Generasi Pertama

                 Honda Jazz Generasi Pertama

Produsen Honda
Juga disebut Honda Jazz
Guangzhou-Honda Fit Sport
Masa dalam produksi 2001–2008
2006-2008 (Amerika Utara)
Perakitan Guangzhou, China
Thailand
Japan
Model sebelumnya Honda Logo
Bentuk kerangka hatchback 5 pintu
Layout Mesin depan, penggerak roda depan/ penggerak empat roda
Platform Global Small Car; GD1/2/3/4
Mesin L12A i-DSI 1.2L I4
L13A i-DSI 1.3L I4
L15A i-DSI 1.5L I4
L15A VTEC 1.5L I4
Transmisi 5 speed manual
5 speedotomatis
CVT / CVT-7
Jarak sumbu roda 2.450 mm (96.5 in)
Panjang 3.845 mm (151.4 in)
1.574 in (40,000 mm) (U.S. & Canada)
Lebar 1.675 mm (65.9 in)
Tinggi 1.525 mm (60.0 in)
Berat kosong 1.084 kg (2,390 lb) for 1.4 L LS with manual transmission
Mobil terkait Honda Airwave
Honda City

            Honda Jazz memulai debutnya pada tahun 2001 di Jepang, kemudian di Eropa dan Australia tahun 2002, Amerika Selatan, Afrika Selatan, dan Asia Tenggara tahun 2003, China tahun 2004, dan Meksiko tahun 2005. Mobil ini sendiri baru dipasarkan di Kanada dan AS tahun 2006. Di Indonesia sendiri dijual akhir tahun 2003.

 Model

            Honda Jazz dijual dalam 6 variasi (semuanya mesin 4 silinder segaris), antara lain:

  • GD1: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (Eropa: 1.4L)
  • GD2: 1.3 L L13A i-DSI 4WD (hanya Jepang)
  • GD3: 1.5 L L15A 2WD
  • GD4: 1.5 L L15A VTEC 2WD (hanya Kanada, AS,Meksiko dan indonesia)
  • GD5: 1.5 L L15A 4WD (hanya Jepang)
  • GD6: 1.2 L L12A i-DSI 2WD (hanya Eropa)
  • GE3: 1.3 L L13A i-DSI 2WD (dibuat di China)

Mesin

            Tergantung dari wilayahnya, mesin Honda Jazz terbagi menjadi 1.2L, 1.3L (di Eropa menjadi 1.4L), 1.5L i-DSI (Intelligent Dual & Sequential Ignition) atau 1.5L VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control). Semua mesin Honda Jazz sudak menggunakan injeksi. Mesin i-DSI mempunyai konfigurasi 8 valve, menggunakan 2 busi per silinder sehingga pembakaran lebih sempurna, akibatnya mesin lebih irit dan emisi berkurang. Mesin VTEC mempunyai konfigurasi 16 valve sehingga tenaga yang dikeluarkan maksimal di putaran mesin tinggi.

Transmisi

            Transmisi Honda Jazz menggunakan manual 5 speed, otomatis 5 speed, dan CVT (Continuously Variable Transmission) sesuai dengan area. Transmisi CVT tidak tersedia di Amerika Serikat. Transmisi CVT-7 dikontrol menggunakan paddle shift yang diletakkan di belakang kemudi.

 Keamanan

            Varian Honda Jazz tertinggi, VTEC ABS/ SRS dilengkapi rem dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA(Brake Assist). Perlengkapan keamanan lainnya adalah 2 kantong udara untuk pengemudi dan penumpang depan.

Akomodasi

            Honda Jazz memiliki akomodasi yang luas meski ruang kabinnya kecil. Hal itu karena Honda menempatkan tangki BBM di bawah kursi penumpang depan, sehingga bagian belakang lebih lega. Fleksibilitas yang tinggi ini dinamakan Ultra Seat, dan memiliki 3 mode yaitu utility mode (dengan melipat kursi belakang akan menciptakan ruangan yang datar), long-cargo mode (dengan melipat sebagian kursi belakang dan kursi penumpang depan sehingga memuat barang yang panjang s/d 2.4 meter), dan tall-cargo mode (dengan melipat dudukan kursi belakang, didapatkan tinggi maks. 1.3 meter)

Honda Jazz Generasi Kedua

                Honda Jazz Generasi Kedua
Produsen Honda
Juga disebut Honda Fit
Masa dalam produksi 2008-sekarang
Perakitan Jepang, Thailand
Brazil
Greater Noida, India
Inggris
Indonesia
Pingtung, Taiwan
Guangzhou, RRC
Filipina
Bentuk kerangka hatchback 5 pintu
Layout FF layout
Platform GE
Mesin Eropa dan Asia

Amerika Utara

Jarak sumbu roda 2.500 mm (98.4 in)
Panjang 3.985 mm (156.9 in)
Lebar 1.695 mm (66.7 in)
Tinggi 1.525 mm (60.0 in)
Berat kosong 1.070 kg (2,359 lb)
Kapasitas bahan bakar 42 liter
Mobil terkait Honda City V
Honda Insight II
Honda Freed

            Honda Jazz generasi kedua diperkenalkan 17 oktober 2007 di Tokyo motor Show. Mobil ini menawarkan wheelbase yang lebih panjang, lebih lebar, dan panjangnya juga bertambah secara keseluruhan.

            Tersedia mesin 1.3L i-VTEC (tenaga maksimum 98hp (73 kW), torsi 133 N·m/4,500 rpm) dan 1.5L i-VTEC (tenaga maksimum 120 hp, torsi 144 N·m/4,800 rpm p). Mulai dijual di Indonesia awal tahun 2008 hanya versi 1.5L VTEC saja.

                Jazz/Fit Hibrida (2010)

            Honda mulai menjual model hibrida dari kendaraan ini yang mereka namakan Fit Hybrid. Dijual di pasar Jepang mulai bulan Oktober 2010. Mobil ini hanya dijual dengan harga 19.400 dolar AS (sekitar Rp 167 juta), menjadikan mobil ini adalah mobil bensin-elektrik termurah di Jepang. Fit hibrida menggunakan mesin 1.3L dan sebuah motor elektrik, dengan efisiensi bahan bakar sekitar 3.3l per 100 km (1:30)

            Di Eropa, mobil ini dinamai Jazz Hybrid, muncul pertama di pameran Paris Motor Show dan mulai dijual awal 2011.

  • PENJUALAN DAN MARKET SHARE

            Honda Jazz memperoleh angka sebesar 52.16% dan menempati posisi pertama untuk kategori city car. Market share Honda Jazz pada tahun 2010 mencapai 40 persen dengan kontribusi 60 persen penjualan unit Honda. Pada Januari hingga Maret 2011, market share Honda Jazz masih di angka 40 persen.Namun, memasuki bulan April angka tersebut turun menjadi 20 persen.Penyebabnya yakni kosongnya stok Honda Jazz lantaran menunggu hadirnya New Honda Jazz.

  • KARAKTERISTIK PEMBELI

                Honda Jazz meliputi segmen kaum muda , eksekutif muda, s Kaum muda, urban modern yang stylis serta urban modern dikarenakan bentuknya yang masuk ke kelas hact back yang sangat simple dan menarik sehingga banyak disukai kaum muda perkotaan.

  • ANALISIS IKLAN

Pada iklan Honda jazz yang kami tampilkan terdapat beberapa poin yang di ambil.Yang pertama adalah iklan produk Honda jazz di citrakan sebagai mobil idaman bagi pemuda yang merupakan target konsumen yang utama.dan bagi semua orang urban  yang memiliki rutinitas keseharian yang kompleks.honda jazz di citrakan  sebagai mobil yang mampu menemani padatnya segala  kegiatan keseharian,terutama kalangan pemuda yang mempunyai segala macam rutinitas dengan  mobilitas yang tinggi.

            Selain  itu karena menunjuk  kaum muda sebagai  target pasar  utama,maka desain Honda jazz  dibuat se stylish mungkin dan memiliki proud bagi siapa saja yang memilikinya.i sepertinya  pen g iklanan Honda Jazz sangat berhasil, mengingat   Honda Jazz sekarang merupakan mobil tipe hatchback yang tetap dominan di pasaran mobil.

  1. 2.  MOBIL YARIS – TOYOTA
  • Ø PROFIL PERUSAHAAN TOYOTA
1971.    Peresmian PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai importir dan distributor kendaraan Toyota di Indonesia
1973.    Didirikan pabrik perakitan PT Multi Astra
1976.    Berdiri PT Toyota Mobilindo sebagai pabrik komponen
1977.    Kijang pertama kali diluncurkan ke public
1982.    Pabrik mesin PT Toyota Engine Indonesia mulai beroperasi
1987.    Ekspor perdana Kijang ke beberapa
1989.    Ekspor perdana Kijang ke beberapa negara Asia-Pasifik
1996.    Merger empat perusahaan Toyota di Indonesia : PT Toyota-Astra Motor, PT Multi Astra, PT Toyota Mobilindo dan PT Toyota Engine Indonesia
2000.    Pabrik mobil moderen Karawang diresmikan
2003.    TAM berubah menjadi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan didirikan Tam sebagai distributor. Produksi Kijang ke-1.000.000 unit.
2004.    Peluncuran Toyota Avanza sebagai kendaraan hasil kolaborasi TAM-TMMIN dan PT Astra Daihatsu Motor. Peluncuran Kijang Generasi V, Kijang Innova.

Profil

PT. Toyota-Astra Motor

Kantor Pusat
Jl. Yos Sudarso, Sunter II, Jakarta 14330, Telp (021) 6515551 (hunting), Fax (021) 6515360
Didirikan
15 Juli 2003
Modal Disetor
Rp. 400.000.000.000
Pemegang Saham
PT. Astra International Tbk (51%)
Toyota Motor Corporation (49%)
Jaringan Dealer Toyota
5 Dealer Utama : PT Astra Internasional, PT New Ratna Motor, PT Agung Automall, PT Hasjrat Abadi, NV Hadji Kalla Trd.Co.

 

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Kantor Pusat
Jl. Yos Sudarso, Sunter II, Jakarta 14330, Telp (021) 6515551 (hunting), Fax (021) 6515360
Didirikan
02 April 1971
Modal Disetor
Rp. 19.500.000.000
Pemegang Saham
Toyota Motor Corporation (95%)
PT. Astra International Tbk (5%)
Fasilitas Produksi
Kawasan Sunter        : Assembly Plant
Packing

Karawang Plant         : Welding Plant, Painting, Assembly

  • PROFIL PRODUK  YARIS

 

Produsen Toyota
Juga disebut Toyota Vitz
Masa dalam produksi 1999–sekarang
Model sebelumnya Toyota Starlet
Toyota Tercel
Kelas Subcompact
Bentuk kerangka 3-door hatchback
5-door hatchback

Toyota Yaris atau Toyota Vitz adalah mobil hatchback kecil yang diproduksi ole Toyota Motor Corporation. Yaris dirakit di Thailand yang dijual di pasar Asia. Yaris lahir pertama kali pada tahun 1999 di Eropa dengan desain, performa mesin, dan jaminan keselamatan serta konsumsi bahan bakar yang optimal, untuk memasuki pangsa pasar Eropa. Satu tahun setelah awal peluncurannya, tepatnya pada tahun 2000 Yaris memperoleh penghargaan European Car of The Year Award. Bukan hanya itu saja Yaris juga diakui sebagai standar model kendaraan Compact two box di Jepang dan Amerika Utara.

Generasi Pertama (1999-2005)

Generasi pertama (XP10)

Juga disebut Toyota Echo
Toyota Yaris
Xiali Vizi
Masa dalam produksi 1998–2005
2002–sekarang (China)
Perakitan China: Guangzhou[1]
France: Valenciennes, France[2]
Japan: Toyota, Aichi (Takaoka plant)
Bentuk kerangka 3-door hatchback
5-door hatchback
Mesin 1.0 L 1SZ-FE I4 (bensin)
1.3 L 2NZ-FE I4 (bensin)
1.3 L 2SZ-FE I4 (bensin)
1.4 L 1ND-TV I4 (t/c diesel)
1.5 L 1NZ-FE I4 (bensin)
1.5 L 1NZ-FE I4 (t/c bensin)
Jarak sumbu roda 2.370 mm (93.3 in)
Panjang 3-door: 3.615 mm (142.3 in)
5-door: 3.640 mm (143.3 in)
Lebar 1.660 mm (65.4 in)
Tinggi 1.510 mm (59.4 in)
Mobil terkait Toyota Fun Cargo
Toyota Platz

 

Vitz atau Yaris menggantikan Toyota Starlet sebagai hatchback kecil dari Toyota. Mobil konsepnya yang bernama Funtime pertama kali dipamerkan pada pameran mobil di Frankfurt, Jerman pada akhir tahun 1997. Nama Vitz secara resmi hanya digunakan di Jepang. Di Eropa mobil ini dikenal sebagai Yaris, dan di Australia, Selandia Baru, Canada, dan beberapa negara Asia diberi nama Echo Hatchback.

Mesin yang digunakan adalah 1SZ-FE 1000 cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE 1300 cc, atau 1NZ-FE 1500 cc bensin. Mesin diesel 1ND-TV 1400 cc hanya tersedia di Eropa.Di Jepang, Vitz tersedia dalam trim level B, F, U, Clavia, dan RS. Clavia adalah model bergaya klasik, sedangkan RS adalah model sporty. Vitz RS hadir dengan grille jaring, body kit, dan interior sporty. Mobil yang sejenis dengan Vitz RS disebut Yaris T-Sport di Eropa, Echo RS di Canada, atau Echo Sportivo di Australia.

Generasi Kedua (2005-2010)

Generasi Kedua (XP90)

Juga disebut Toyota Yaris
Masa dalam produksi 2005–2010
2005–2011 (ekspor)
Perakitan China: Guangzhou
Perancis: Valenciennes
Indonesia: Karawang
Japan: Kanegasaki, Iwate; Ōbu, Aichi
Taiwan: Zhongli[3]
Thailand: Chachoengsao
Bentuk kerangka 3-door hatchback
5-door hatchback
Mesin 1.0 L 1KR-FE I3 (bensin)
1.3 L 2NZ-FE I4 (bensin)
1.3 L 2SZ-FE I4 (bensin)
1.3 L 1NR-FE I4 (bensin)
1.4 L 1ND-TV I4 (t/c diesel)
1.5 L 1NZ-FE I4 (gasoline)
1.6 L 4ZR-FE I4 (bensin)
1.8 L 2ZR-FE I4 (bensin)

 

Jarak sumbu roda 2.460 mm (96.9 in)
Panjang 2005–2008: 3.750 mm (147.6 in)
2008–2010: 3.785 mm (149.0 in)
Lebar 1.695 mm (66.7 in)
Tinggi 1.530 mm (60.2 in)
Mobil terkait Toyota Belta

Toyota Vitz generasi kedua hadir di Jepang pada tahun 2005, dan dipasarkan di seluruh dunia pada tahun 2006 dengan nama Yaris. Model sport, Yaris RS dengan mesin 2ZR-FE 1.8 liter diluncurkan pada tahun 2007. Vitz atau Yaris dirakit di Jepang, Perancis, dan Thailand.

Indonesia

Toyota Yaris 1.5 E (NCP91)

Yaris dipasarkan secara resmi di Indonesia mulai tahun 2006 dengan model E dengan transmisi manual dan automatic, serta S and S Limited yang hanya tersedia dengan transmisi automatic. Versi S memiliki body kit and lampu kabut, dan Push button start / stop hanya untuk model S Limited. Semua model menggunakan mesin 1500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang sama digunakan oleh Toyota Vios.

Versi facelift dengan bumper depan, grille, dan lampu belakang baru hadir untuk model tahun 2009. Sebagai tambahan, model dasar yaitu J yang tidak memiliki SRS airbag dipasarkan dengan harga dibawah model E. Model S dengan transmisi manual menggantikan versi lama yang automatic, sedangkan model paling mahal tetap S Limited.

Generasi Ketiga (2010-Sekarang)

Generasi ketiga (XP130)

Juga disebut Toyota Yaris
Masa dalam produksi 2010–sekarang
Perakitan Jepang
Bentuk kerangka 3-door hatchback
5-door hatchback
Layout Mesin depan, front-wheel drive
Front-engine, four-wheel drive
Mesin 1.0 L 1KR-FE I3
1.3 L 1NR-FE I4
1.5 L 1NZ-FE I4
Transmisi 5-speed manual
Continuously variable transmission
Jarak sumbu roda 2.510 mm (98.8 in)
Panjang 3.885 mm (153 in)
Lebar 1.695 mm (67 in)
Tinggi 1.500 mm (59 in)

Toyota Vitz generasi ketiga diperkenalkan di Jepang pada akhir bulan Desember 2010, dan direncanakan masuk pasar export di tahun 2011. Mesin yang digunakan Vitz di Jepang adalah 1.0, 1.3, dan 1.5 liter bensin. Mesin common rail diesel 1.4 liter tersedia untuk Yaris di Eropa. Trim level untuk Vitz adalah F, U, Jewela, dan RS yang sporty.

Ø     PENJUALAN DAN MARKET SHARE

Pada 2010, kata Johnny, market share Yaris sebesar 26 persen dan per Agustus 2011 sudah naik menjadi 29 persen. Johnny meyakini bahwa konsumen yang berjiwa muda sesuai target marketnya, sudah mulai memilih Yaris. ”Untuk menjadi nomor satu (pemimpin pasar di kelasnya) ya tidak ada salahnya.Kalau memang ditakdirkan pasti terjadi,” tegasnya. Dari total penjualan hatchback pada Januari-Agustus sebesar 41.054 unit, pangsa pasar Honda 33,05 persen. Sedangkan Toyota di posisi kedua dengan 29,64 persen.

Penjualan wholesales Yaris saat ini rata-rata 2300 unit per bulan bahkan sempat mencapai 2.500 unit pada bulan Juli. Sec ara akumulatif, penjualan wholesales Yaris sejak awal tahun 2011 sampai dengan September ini secara akumulatif sebanyak 14.134 unit. Khusus pada September ini penjualan wholesales Yaris sebanyak 1.965 unit.

 

  • KARAKTERISTIK PEMBELI

Karakteristik pembeli Toyota Yaris meliputi segmen kaum muda modern , eksekutif muda serta kaum urban dikarenakan  kelas Toyota Yaris yang masuk ke kelas Hact Back yang sangat simple sehingga sangat disukai kaum muda perkotaan.

  • ANALISIS IKLAN

 

Iklan mobil Toyota yaris merupakan salah satu iklan mobil yang variatif dan banyak jumlahnya.sama seperti dua mobil pesaingnya mobil ini juga membawa konsep hatchback.Uniknya bukan model ini saja yang di bawa tapi juga tipe mobil sedan ‘murni’ yang merupakan model baru,jadi memang ada dua varian dari Toyota Yaris ini

Tentunya yang menjadi sorotan utama adalh tipe yang pertama disebutkan tadi(hatchback),walaupun  keduanya membidik pangsa pasar yang sama,Toyota Yaris yang satu ini lebih diarahkan kepada mobil yang digunakan oleh anak-anak muda yang stylish dan elegan ditambah dengan fitur-fitur mobil yang canggih dan komplet.

 

 

  1. 3.             MOBIL SWIFT – SUZUKI
  • PROFIL PERUSAHAAN SUZUKI

PT. Indomobil Suzuki International (ISI) dirubah menjadi PT. Suzuki

Indomobil Motor (SIM) merupakan sebuah perusahaan penanaman modal asing

(PMA) yang berdiri dengan kekuatan 5 (Lima) buah perusahaan. Perusahaan

tersebut adalah sebagai berikut :

1. PT. Indohero Steel & Engineering Co.

2. PT. Indomobil Utama.

3. PT. Suzuki Indonesia Manufacturing.

4. PT. Suzuki Engine Industry.

5. PT. First Chemical Industry.

Lima perusahaan tersebut bergabung (Merger) dengan persetujuan dari

Presiden Republik Indonesia melalui surat pemberitahuan tentang persetujuan

Presiden dari Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPN) nomor 05 / I /

PMA / 90 tertanggal 1 Januari 1990, dan diperingati sebagai berdirinya PT.

Suzuki Indomobil Motor, yang bergerak dalam bidang usaha Industri Komponen

dan Perakitan kendaraan bermotor Merk SUZUKI roda dua (Sepeda Motor) dan

roda empat (Mobil).

Lokasi kantor pusat PT. Suzuki Indomobil Motor berada di Wisma

Indomobil di Jalan. MT. Haryono, Kav. 8, Jakarta Timur. Kantor Pusat ini

didukung oleh 314 karyawan, sedangkan untuk lokasi pabriknya tersebar di

beberapa tempat, antara lain di Pulogadung, Cakung, dan di Tambun.

Pusat perakitan kendaraan merk SUZUKI dengan jumlah karyawan ± 4000

orang berkapasitas produksi 100.000 unit mobil dan 1.200.000 unit sepeda motor

pertahunya. Pusat perakitannya tersebar di lima penjuru kota dan terbagi menjadi

(Enam) lokasi :

1. Plant cakung (Perakitan Engine)

2. Plant Pulogadung (Service & Sales)

3. Plant Tambun I (Perakitan Motor)

11

4. Plant Tambun II (Perakitan Mobil)

5. Plant Spare Part (Penjualan Suku Cadang / Spare Part)

6. Kantor Pusat (Wisma Indomobil MT. Haryono).

 

 

  • PROFIL PRODUK SWIFT

 

 

Produsen Suzuki
Masa dalam produksi 2004-sekarang
Perakitan Hamamatsu, Jepang
Esztergom, Hungaria
Chongqing, China
Karachi, Pakistan
Manesar, India
Ingersoll, Ontario, Kanada
Bekasi,Indonesia [1]
Bentuk kerangka 3-door hatchback
5-door hatchback
4-door sedan
Mesin 1.2L CVT
1.3L I4
1.5L I4
1.6L I4
Transmisi 4-speed otomatis
5-speed manual
Jarak sumbu roda 2.390 mm (94.1 in)
Panjang 3.755 mm (147.8 in)
Lebar 1.690 mm (66.5 in)
Tinggi 1.510 mm (59.4 in)


Suzuki Swift adalah salah satu produk otomotif Suzuki Motor Corporation di IndonesiSuzuki Swift memulai debutnya di Paris Auto Salon 2004. Di negara asalnya, Suzuki Swift tersedia dengan 4 varian mesin yaitu 1.2L transmisi CVT, 1.3L (92 PS (68 kW; 91 hp)), 1.5L (102 PS (75 kW; 101 hp)), dan 1.6L (125 ps (92 kW, 123 hp) . Semua mesinnya menggunakan bensin.

Di Indonesia, pada awalnya Suzuki Swift diimpor utuh dari Jepang tahun 2005, kemudian Suzuki Indonesia merakitnya sendiri di Bekasi, Jawa Barat.

  • PENJUALAN DAN MARKET SHARE

Suzuki Swift dengan penguasaan market share sebesar 7% atau laku terjual perbulan sekitar 328 unit. TOYOTA Yaris semakin kuat menancapkan dirinya sebagai mobil pilihan jiwa muda di Indonesia. Hal itu diperlihatkan dengan terus meningkatnya penjualannya di kelas 4×2 compact medium. Setelah membukukan pangsa pasar sebesar 32,4 persen pada Juni lalu, menginjak September, pangsa pasar terus menanjak menjadi 33,9 persen. Selain menjadi kenaikan tertinggi di kelasnya, Toyota Yaris menjadi market leader di kelas 4×2 compact medium.

 

Meningkatnya pasar di kelas 4×2 compact medium tersebut diikuti dengan penjualan ritel sebesar 1.292 unit pada September. Secara keseluruhan, hingga September 2010 kendaraan dengan tag line be groovy itu mengoleksi market share sebesar 28,3 persen dengan penjualan total sebesar 11.987 unit.

 

 

  • KARAKTERISTIK PEMBELI

Suzuki Swift meliputi segmen  kaum muda, eksekutif muda dan kaum urban dikarenakan Suzuki Swift masuk di kelas hact back  dan mempunyai bentuk yang simple dan menarik sehingga sangat cocok untuk kaum muda perkotaan.

  • ANALISIS IKLAN

 

Iklan pada  mobil Suzuki Swift   terlihat jelas bahwa  mobil ini memiliki konsep kendaraan yang  di tampilkan dinamis ,elegan,dan stylish.mobil ini membawa segmen produk hatchback(sedan ‘gemuk’) yang target pasarnya adalah  kalangan muda dan urban yang  penuh gaya dan sporty sekaligus dinamis.pencintraan ini di tunjukkan dengan action pakour  yang  modelnya beradu kelincahan dengan Suzuki  Swift di jalanan perkotaan.

KESIMPULAN

Dari tabel data penjualan di atas, terlihat pada tahun 2009 ketiga merek tersebut mengalami penurunan penjualan. Kemudian sepanjang tahun 2010 ketiga merek tersebut kembali meningkat penjualannya. Walaupun Suzuki Swift menjadi salah satu merek yang berhasil mendominasi segmen hatchback dan berada pada posisi tiga besar penjualan mobil hatchback, namun peningkatan penjualan Suzuki Swift ditahun 2010 relatif kecil dan terpaut cukup jauh peningkatannya dibandingkan Honda Jazz dan Toyota Yaris. Honda Jazz sebagai market leader segmen mobil hatchback meningkat penjualannya sebesar 7.045 unit atau sekitar 31%, lalu Toyota Yaris meningkat penjualannya sebesar 9.474 unit atau sekitar 55%. Sedangkan penjualan Suzuki Swift hanya meningkat sebesar 251 unit atau sekitar 6,26%. Selain itu jumlah penjualan Suzuki Swift ditahun 2010 hanya mencapai setengah dari penjualan ditahun 2008. Angka tersebut jelas sangat kecil bagi Suzuki Swift dibandingkan dua pesaingnya yaitu Honda Jazz dan Toyota Yaris. Jika dilihat dari atribut produknya, Suzuki Swift tidak kalah menarik dibandingkan Honda Jazz dan Toyota Yaris. Lewat desain bodi, hatchback Suzuki ini banyak disukai karena seksi dan kompak ketimbang lainnya. Terlebih desainnya sangat kental dengan dengan gaya mobil-mobil Eropa. Bicara performa, Suzuki Swift tidak kalah dengan Honda Jazz maupun Toyota Yaris.

 

Bahkan pada kecepatan 0-100 km/jam, Suzuki Swift lebih unggul dibanding Toyota Yaris (otomotifnet.com). Konsumsi bahan bakar ketiga merek di atas pun tidak terlalu jauh berbeda karena sama-sama berkapasitas 1.500 cc sehingga konsumsi bahan bakarnya relatif hemat. Rendahnya angka peningkatan penjualan Suzuki Swift bisa mengancam dominasi Suzuki Swift di segmen mobil hatchback. Selain itu, Suzuki Swift semakin ditempel ketat oleh varian hatchback Mazda 2 yang membukukan penjualan sebesar 3.311 unit pada tahun 2010 dan berada di posisi keempat setelah Suzuki Swift. Padahal Mazda 2 baru resmi diluncurkan pada bulan November tahun 2009 lalu (www.otomotif.kompas.com). Hal ini jelas merupakan ancaman bagi Suzuki Swift dalam dominasinya di segmen mobil hatchback, bahkan Mazda 2 sangat berpotensi menggeser posisi tiga besar yang ditempati oleh Suzuki Swift saat ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About isroiyatulm

i am isro'iyatul mubarokah. i am from kebumen.

2 responses »

  1. Cubby-cubby says:

    Makasih, Mbak, infonya.. sangat membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s